Energi Bersih Goes to Campus

0
394

Pagi ini sedikit beda di kampus Universitas Sumatera Selatan (USS). Tenda ditegakkan, tamu-tamu berdatangan dengan semangat yang sama ‘Energi Bersih Goes To Campus’. Universitas Sumatera Selatan (USS) dan Hutan Kita Institute (HaKI) menandatangani kesepahaman ‘Kampus Energi Bersih’.

Peresmian perpustakaan energi bersih yang menggunakan PLTS dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar. Didampingi M.Sc dan Rektor Universitas Sumatera Selatan Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc, Ph.D, Direktur Eksekutif Hutan Kita Institute (HaKI) Deddy Permana, S.Si, dan Manager Program Akses energi Bersih Berkelanjutan IESR DR. Marlistya Citraningrum. Talkshow bertajuk peran para pihak dalam mewujudkan parapihak di Sumsel pun digelar. Hadir sebagai narasumber dari Program Officer SEA IESR Rizqi Mahfudz Prasetyo, di Kampus A USS Palembang dan ESDM Sumsel, Kamis (24/8/2023).

Peresmian perpustakaan energi bersih yang menggunakan PLTS dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc didampingi Rektor Universitas Sumatera Selatan Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc, Ph.D, dan Direktur Eksekutif Hutan Kita Institute (HaKI) Deddy Permana, S.Si. di Kampus A USS Palembang, Kamis (24/8/2023).

Yudha Pratomo Mahyuddin mengatakan, sangat penting peran institusi pendidikan dan mahasiswa dalam mendukung terwujudnya transisi energi untuk pembangunan daerah berkelanjutan. Pelaksanaan MoU ini dimulai dari penggunaan energi bersih PLTS untuk perpustakaan dan kampus USS.  

Menurut Deddy Permana, Indonesia telah menunjukkan komitmen agenda transisi energi melalui kebijakan dan perjanjian internasional menghadapi perubahan iklim dan mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060. Transisi energi membawa dampak besar bagi ekonomi, lingkungan, dan masyarakat.

“Kolaborasi antara pemerintah, akademisi, generasi muda, NGO dan pemangku kepentingan lainnya sangat penting untuk mencapai pembangunan rendah karbon yang bermanfaat untuk semua,” kata Deddy.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Perpustakaan Energi Bersih antara Rektor Universitas Sumatera Selatan Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc, Ph.D, dan Direktur Eksekutif Hutan Kita Institute (HaKI) Deddy Permana, S.Si. di Kampus A USS Palembang, Kamis (24/8/2023).

Hadir juga dalam acara tersebut Bappeda Sumsel, Dinas ESDM, PT. PLN IUD S2JB, dari Direktur Pinus, WALHI Sumsel, LBH Palembang, Spora Institute, Perkumpulan Sumsel Bersih, serta tamu undangan dari pimpinan dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)/Himpunan Mahasiswa (HIMA) dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Wilayah LLDIKTI Wilayah II, khususnya di Kota Palembang.

“Acara ini didukung penuh pula oleh Ketua Yayasan P4SS Ibu dr. Hj. Halipah Mahyuddin, SpTHT, MM, para jajaran Rektorat USS, Wakil Rektor I Ibu Dr. Ir. Leila Kalsum, MT, Wakil Rektor II Bapak Rabin Ibnu Zainal, SE, M.Sc, Ph.D, serta jajaran Dekan, Kepala Lembaga, Ka.Prodi, Civitas Akademika di lingkungan USS, serta panitia bersama Kerjasama dan Launching Kampus Energi Bersih,” ujar Ketua Panitia, H. Agus Srimudin, S.Pd.I, M.I.Kom.

Untuk kerjasama dilakukan penandatanganan MoU antara Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc, Ph.D dengan Direktur HaKI Deddy Permana, S.Si, dilanjutkan MoU Rektor USS dengan Kepala LPPM USS, Selly Ratna Sari, S.Pi, M.Si tentang Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.(*)