Siaran Pers : RUA II HaKI ‘Mewujudkan Pengelolaan SDA Berkelanjutan dan Berkeadilan’

0
575
Hutan Kita Institute (HaKI) RUA II

Rapat Umum Anggota (RUA) II Hutan Kita Institute (HaKI) dengan tema “Mewujudkan Pengelolaan SDA Berkelanjutan dan Berkeadilan di Sumatera Selatan” berlangsung di Palembang, pada 17-19 Februari 2023.  

Issu strategis lingkungan hidup dan sosial mengemuka dalam pembahasan RUA II HaKI. Lingkungan yang lestari dipandang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika dilakukan dengan pengelolaan yang benar. Oleh karena itu keseimbangan antara pelestarian dan pemanfaatan lingkungan hidup adalah suatu keniscayaan.

Namun pada kenyataannya pengelolaan lingkungan hidup masih menimbulkan berbagai masalah. Seperti konflik lahan, kebakaran hutan dan lahan, kerusakan lingkungan, serta kemiskinan masyarakat rentan di perdesaan sekitar hutan. Tantangannya adalah belum terwujudnya tata kelola lingkungan hidup yang berkeadilan, partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Menjawab tantangan tersebut diperlukan adanya suatu entitas sosial yang memiliki etos dan komitmen untuk bekerja keras dan cerdas serta konsisten dalam melakukan pendidikan, pengorganisasian,advokasi, mediasi, kolaborasi dan diseminasi informasi lingkungan hidup.

Sebagai upaya untuk mewujudkan keinginan diatas, individu-individu yang berlatar belakang aktivis sosial, lingkungan hidup, HAM, dan perempuan bersama-sama bergabung dalam suatu organisasi yang bernama Hutan Kita Institute, disingkat  HaKI.

Dalam Rapat Umum Anggota (RUA) II Perkumpulan HaKI yang bertemakan “Mewujudkan Pengelolaan SDA Berkelanjutan dan Berkeadilan” dilakukan pemilihan Dewan Anggota dan Ketua Badan Pelaksana / Direktur Eksekutif HaKI.

Adapun yang terpilih sebagai Dewan Anggota HaKI periode 2023-2027 adalah :

  • Dr. Muhammad Subardin, S.E.,M.Si
  • Dr. Ir. Syafrul Yunardi, S.hut., M.E.
  • Sri Lestari Kadariah, S.H., M.H.
  • Mangara Silalahi, M.SC, MT
  • Yuliusman, S.H.   

Terpilih sebagai Ketua Badan Pelaksana / Direktur Eksekutif periode 2023-2027 adalah :

  • Deddy Permana S.Si

Dalam RUA II, HaKI yang berdiri semenjak 2016 mengukuhkan visi, “Menjadi organisasi  lingkungan hidup terdepan dalam mewujudkan kelestarian lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan”.

Untuk mewujudkan Visi tersebut, HaKI memiliki Misi ;

(1) Mendorong anggota dan/atau masyarakat untuk berperan aktif dalam advokasi kebijakan di tingkat lokal, nasional, dan global.;

(2) Melaksanakan kajian dibidang lingkungan hidup untuk mendukung advokasi kebijakan dan penegakan hukum;

(3) Memastikan keterlibatan publik untuk menuju perbaikan dalam rangka memenuhi hak – hak dasar masyarakat ;

(4) Membangun dan mengembangkan kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup ;

(5) Mengembangkan dan memastikan pengelolaan lingkungan hidup berbasis masyarakat yang adil, setara, partisipatif, terbuka, dan berkelanjutan; serta mewujudkan sumberdaya organisasi yang profesional, kredibel dan kompeten.