hutaninstitute.or.id     Areal kerja hutan desa Cahaya Alam sesuai dengan Surat Keterangan Menteri Kehutanan Republik Indonesia No 326/Menhut-II/2014 tanggal 27 Maret 2014 memiliki luas ± 900 Ha. Secara administratif hutan desa Cahaya Alam berada di desa Cahaya Alam, Kecamatan Semendo Darat Ulu Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Hutan desa Cahaya Alam merupakan bagian dari kawasan hutan lindung Bukit Jambul Gunung Patah secara geografis berada pada posisi 4°13’29,1” – 4°15’39,4” LS dan 103°26’41,0” – 103°30’0,5” BT dengan batas – batas lokasi :

tara      : berbatasan dengan Hutan Desa Segamit

Selatan : berbatasan dengan Hutan Desa Danau Gerak

Barat   : berbatasan dengan Hutan Lindung

Timur   : berbatasan dengan Lahan Masyarakat desa Cahaya Alam

Adapun jarak dari Ibukota Kecamatan ± 15 km dan jarak dari Ibukota Kabupaten ± 116 km. Adapun luas desa ± 4500 ha yang terdiri dari lahan persawahan ± 93 ha, areal perkebunan ± 327 ha, dan pemukiman 3 ha, sedangkan sisanya adalah hutan.

Sebaran jenis tanah yang ada di hutan desa Cahaya Alam berdasarkan data dan peta sebaran jenis tanah Puslitanak tahun 1986 dan groundcheck lapangan adalah tanah Andosols yang merupakan asosiasi dari Dystropepts, Humitropepts, Tropohumults.

Topografi yang ada di hutan desa Cahaya Alam yang diperoleh dari analisa data Citra SRTM 90 M lembar 59/12 dan ground check lapangan adalah berbukit dengan rata-rata lahan berada pada tingkat kelerengan curam dengan 3 tingkat kemiringan agak curam 15 – 25 %, curam 25 – 45 % hingga sangat curam > 45 % dengan tinggi tempat rata – rata hutan desa adalah 1.600 Mdpl.Berdasarkan interpretasi Citra Satelit Landsat 8 path/row 125/63 tanggal 01/07/2014 dan groundcheck bulan Juni – Juli tahun 2015 kondisi umum tutupan lahan pada areal Hutan Desa Cahaya Alam adalah tutupan hutan dan hamparan kebun kopi, dari total luas ± 900 Ha perbandingannya adalah 88,2 % masih berupa hutan, 11,4 % hamparan kebun kopi dan 0,4 % merupakan belukar.

 

Kegiatan Hutan Desa

  1. Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan desa

Kegiatan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan Desa Pasca keluarnya Izin Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) adalah syarat dalam peraturan kementerian Lingkungan Hidup sebagai pedoman untuk tata kelola Hutan Desa yang ada di desa Cahaya Ala. Dalam perencanaan Pengelolaan Hutan Desa tata kelola yang dibutuhkan untuk pengelolaan Hutan Desa selama 35 tahun, terhitung sejak tahun pertama hingga 10 tahun jangka menengah kegiatan apa yang akan di lakukan, jangka panjang 35 tahun untuk pengelolaan berlanjut.

  1. Pembangunan Energi Mikrohidro di Batu Pikak Desa

asca tersusunnya RPHD Hutan Desa di Cahaya Alam salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah membuat energi baru dengan manfaat air yang mengalir dari mata air di areal Hutan Desa Cahaya Alam. Energi listrik mikrohidro ini sebagai bentuk indikator pemanfaatan air yang berada di areal Hutan Desa, jika debet air mengurang maka kerusakan di wilayah hulu sekitar Hutan desa telah parah. Disisi lain manfaat mikrohidro di Desa Cahaya Alam dusun IV Datar Paw telah menerangi 28 Kepala Keluarga, yang selama dalam kuran waktu bertahun-tahun sejak berdirinya Dusun IV Datar Paw tak pernah menikmati aliran listrik dari PLN .  

  1. Pembangunan Tata Kelola Hutan Desa dan Sekolah Lapang

RPHD adalah pendoman dalam tata kelola Hutan Desa di Desa Cahaya Akan Kecamatan Semendo Darat Ulu, salah satu kegiatan yang mengacu pada RPHD adalah pembuatan Demontration plot (Demplot) untuk tata kelola lahan Hutan Desa yang ada di Desa Cahaya Alam. Demplot ini sendiri sebagai sekolah lapang dengan pengelolaan tanpa bahan kimia. Pengelolaan demplot sendiri dari untuk pengelolaan tanaman pangan dan agroforesty dengan tanaman Multipurpose Tree Species (MPTS) adalah sistem pengelolaan lahan dimana berbagai jenis kayu ditanam dan dikelola, tidak saja untuk menghasilkan kayu, akan tetapi juga daun-daunan dan buah-buahan yang dapat digunakan sebagai bahan makanan ataupun pakan ternak. Saat ini tanaman pangan yang telah di tanaman adalah Kentang, Cabe. Demplot dengan luas 6,4 hektar ini adalah areal Hutan Desa dengan hak kelola dari 4 masyarakat Desa Cahaya Alam. Dari luas yang ada percontohan tanaman pangan mencapai 2 hektar, tanaman kopi hampir 3 hektar dengan jumlah 2500 batang dengan jenis tanaman kopi Robusta, sisanya akan di rencanakan pengelolaan tanaman kopi Arabica 2 .