Mengenali Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Hutan Desa Semende Muaraenim

0
986

ROTAN

Kerajinan Tangan berbahan dasar Rotan yang diproduksi masyarakat Semende
Kerajinan Tangan berbahan dasar Rotan yang diproduksi masyarakat Semende

Rotan merupakan tanaman yang paling berpotensi di lokasi hutan desa di ke-3 (tiga) Kecamatan Semende sebagai Hasil Hutan Bukan Kayu.

Ada beberapa jenis rotan yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat terutama sebagai untuk anjar (Bakul untuk Membawa kopi). Tapi produksi mereka tidaklah dalam sekala besar mereka hanya produksi untuk kehidupan mereka sendiri.

Ada beberapa jenis rotan yang dipergunakan antara lain :
– Rotan Selimit
– Rotan Gambir
– Rotan Segamit
– Rotan Jernang

Rotan Selimit berdasarkan informasi masyarakat merupakan rotan yang bagus bentuknya kecil tapi memiliki kekuatan tidak mudah rapuh.

Permasalahan yang timbul dimana masyarakat memanfaatkan rotan bukan hanya batangnya saja tapi juga mereka memanfaatkan umbut (tunas pada rotan muda).

Pengambilan umbut rotan besar-besaran terjadi pada saat bulan puasa mereka biasa menggunakan umbut tersebut untuk menjadi lalapan ataupun sayuran.

Ciri khas ini terjadi seluruh desa di Semende bahkan mereka menjual ke pasaran dimana mereka memasarkan umbut tersebut Rp 1.500/ tiga umbut. Sedangkan di Ibukota Kabupaten Muara Enim berdasarkan informasi umbut rotan ini di jual seharga Rp. 2.500/3 umbut.

LEAVE A REPLY

*