Membangun Energi Mikrohidro di HKm Mulak Lestari KabupatenLahat

0
428
Mikrohidro HKm Lahat

Mikrohidro HKm Lahat 2Pak Ruslan, ketua HKm Mulak Lestari tersenyum bahagia ketika penantian 5 tahun untuk memiliki listrik di komunitasnya terwujud akhir November 2015. Dengan Mikro Hidro berkapasitas 10.000 Watt yang dibangun secara bergotong royong dan didampingi oleh Hutan Kita Institute (HaKI) merekas udah dapat mendengar radio, anak-anak  bisabelajar di malam hari dan menerangi jalan setapak yang menghubungkan antar pondok di wilayah HKM Mulak Lestari.

Mulak Lestari adalah HKm di Kecamatan Mulak Kabupaten Lahat, Sumsel yang telah mendapatkan Izin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) dengan Nomor.522/08/KEP/DISHUTBUN/2015, beranggotakan 167 Kepala Keluarga dari 4 Desa ; Balam, Pengentaan, Pemindaiandan Padang Masyat.

Masyarakat mengelola hutan seluas 474 hektar untuk kepentingan konservasi dan perekonomian berupa Kebun Kopi yang disela dengan tanaman lain seperti Durian, Pete,Jengkol dan Kayumanis.Untuk menuju HKm dibutuhkan waktu lebih kurang 1,5 jam berjalan kaki dari kampung terakhir di Desa Pemindaian, sehingga sebagian besar dari anggota HKm tinggal dengan membangun pondok – pondok di dalam hutan.(BejoeDewangga)

Mikrohidro HKm Lahat
Mikrohidro HKm Lahat

LEAVE A REPLY

*