Landclearing dan Pembangunan Pos Pantau Desa Muara Merang

0
25
Beberapa Masyarakat Desa Pancoran sedang membangun Pos Pantau untuk Demplot Agroforestry di kawasan Hutan Desa Muara Merang. Kegiatan ini merupakan kerjasama Konsorsium HaKI dan ICCTF. Foto: Ismael Rasyid/HaKI

Salah satu agenda yang sudah di lakukan di wilayah target adalah melakukan kegiatan land clearing dan pembangunan pos pantau di demplot agroforestry dusun III Pancor desa Muara Merang, kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin.

Berlian Pratama, Fasilitator Konsorsium HaKI, menjelaskan kegiatan land clearing dan pembangunan pos pantau di lokasi demplot agroforestry dusun III Pancor desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin Propinsi Sumatera Selatan di lakukan selama 4 hari, di mulai dari tangal 24 s/d 27 Oktober 2017.

“Kegiatan land clearing dan pembangunan pos pantai di lokasi demplot agroforestry ini di ikuti oleh 19 orang peserta, dari masyarakat 17 orang dan dari konsorsium HaKI 2 orang. Kegiatan ini mengedepankan partisipatif masyarakat dalam penyusunan, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di lokasi demplot, “ ujar Berlian.

Sama seperti sebelumnya,  kata Berlian, metode dalam kegiatan ini adalah melalui diskusi dan kunjungan lapangan.  Dari  diskusi Denah Pembangunan Pos Pantau dengan warga dusun III Pancor desa Muara Merang, rencana bentuk pembangunan pos pantau berbentuk bangunan rumah panggung, dengan ukuran lebar 6 meter, panjang 8 meter. Kemudian terdapat kamar dengan ukuran lebar 3 meter dan panjang 3 meter, aula/ruang rapat ukuran 6 Meter x 6 Meter, dapur dengan ukuran lebar 2 meter panjang 2,5 meter. Kemudian juga di buatkan tangga, kamar mandi dan WC di dalam pos pantau. Kamar mandi dan WC tersebut dengan ukuran lebar 2 meter dan panjang 1,5 meter.  Lokasi pembangunan pos pantau terletak di tengah-tengah demplot agroforestry dengan 2 orang tukang dan 1 orang tukang.

“Diskusi juga membahas berbagai kebutuhan material Pembangunan Pos Pantau, yang mengusulkan tambahan dana  pekerjaan pembuatan pos pantau dana  yang telah dialokasikan sebesar Rp. 20.000.000, ” jelas Berlian.

Land Clearing

Lokasi Demplot ICCTF yang sudah di Landclearing. Foto: Boni F/HaKI

Kegiatan land clearing di dusun III Pancor desa Muara Merang di mulai hari Minggu tanggal 22 Oktober 2017.  Lokasi demplot agroforestry yang sudah di bersihkan atau sudah di tebas lebih kurang seluas 1,5 hektar. Pengerjaannya dikerjakan 7 orang dari anggota KMPA. Dalam  diskusi pembuatan Jalan di lokasi demplot warga mengusulkan tambahan anggaran mengingat dana yang di siapkan untuk pembuatan jalan sebesar Rp. 15.000.000 tidak cukup disebabkan adanya perubahan lokasi demplot agroforestry, dari panjang jalan 400 Meter menjadi 900 Meter.  Tahapan  pembuatan jalan yang sudah di lakukan yaitu  permbersihan lokasi yang akan di buat jalan sepanjang 900 Meter. Pengerjaan ini dilakukan oleh sebanyak 4 orang dari anggota KMPA.

Kunjungan Ke Lokasi Demplot Agroforestry

Berlian menjelaskan, kegiatan lapangan di lokasi demplot agroforestry team HaKI bersama warga dusun III Pancor desa Muara Merang melakukan pemetaan lokasi demplot agroforestry 10 Hektar menggunakan Drone Phantom 4. Selanjutnya, memastikan tempat pos pantau dan pengambilan titik koordinat GPS di lokasi demplot agroforestry, pedampingan dan pengecekan kegiatan land clearing, pembuatan jalan dan pembuatan pos pantau di lokasi demplot agroforestry.

Hasil dari pengecekan lapangan, kata Berlian,  untuk kegiatan land clearing saat ini yang sudah di bersihkan 1,5 Hektar, untuk pos pantau tahapan yang sudah di lakukan pembersihan lokasi pembangunan pos pantau dan penyiapan material bangunan pos pantau,  serta kegiatan pembuatan jalan tahapan yang sudah di lakukan yaitu; membersihkan lokasi pembuatan jalan.

“Kegiatan Landclearing dan pembangunan pos pantau di demplot agroforestry ini akan dilakukan oleh team dari Balitbang KLHK , Ir.Bastoni dan Team 2 orang,  bersama Konsorsium Haki selama 4 hari di desa dan lokasi demplot agroforestry Dusun III Pancor Desa Muara Merang kabupaten Musi Banyuasin (MUBA),” jelas Berlian. (WR)

LEAVE A REPLY

*