Dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan pengelolaan konten website tnberbaksembilang.org, dan meminta masukan dalam perbaikan Panduan penyuluhan konservasi sumber daya alam dan pengelolaan Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS),  Konsursiom Bentang Alama sembilang SUMSEL (KiBASS) selaku mitra Taman Nasional Berbak dan Sembilang mengadakan pelatihan dan konsultasi panduan penyuluhan kepada staff Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang (BTNBS) mulai dari konsultasi modul lalu melakukan pelatihan dari penulisan, potografi, videograf ihingga dasar – dasar website.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi II TNBS yang mewakili Kepala Balai TNBS, beliau mengungkapkan bahwa di era sekarang penerapan teknologi informasi sanga tpenting untuk di lakukan mengingat zaman yang serba digital ini karena jika tidak maka akan sangat ketinggalan sekali .

“Diharapkan nantinya kegiatan ini menghasilkan individu staff yang mempunyai skill jurnalis sehingga dapat diterap kan untuk web tnberbaksembilang.org. sehingga website tersebut dapat dioptimalkan dengan baik sebagai media informasi dan edukasi kepada masyarakat umum serta turis mancanegara, ”imbuhnya.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua hari , yaitu hari pertama konsultasi panduan penyuluhan yang telah di susun sebelumya di acara Fokus Groub diskusioan di Palembang serta melakukan pelatihan  materi website dan infografis kemudian dilanjutkan dihari kedua materi potografi, videografi dan penulisan. Dengan system interaktif serta berbasis penerapan.

Kordinator awarnes KiBASS, Jadid Ulul Albab mengatakan sebelum dilaksanakan kegiatan ini terlebih dahulu KiBASS melakukan riset kebutuhan di Balai TNBS. Sehinggaa pada saat materi yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh staff BTNBS khususnya yang mengelola website tnberbaksembilang.org.

“Ya kita terlebih dahulu melakukan diskusi internal dalam menetukan materi apa yang tepat dalam pengelolaan  dan pengopersian web tersbut agar rekan – rekan kita di Balai dapat mengelola webset mereka dengan baik,”imbuh Jadid.

Untuk konsultasi panduan penyuluhan perlu kita lakukan di karenakan  untuk tergalinya masukan dari staf BTNBS di Jambi tentang perbaikan modul penyuluhan yang telah disusun; sedang pelatihan yang dilakuka untuk meningkatkan kemampuan peserta tentang pemahamannya dalam mengembangkan media informasi website yang menarik dan sesuai kebutuhan kampanye kawasan TNBS.

“Saya harapkan dengan kegiatan ini dapat membangun kesepahaman dan kesepakatan peran antar Sektor/ bidang dalam organsasi BTNBS untuk efektivitas pengembangan media informasi website BTNBS,”ungkap jadid.

Salah satu peserta kegiatan Sherly iskandar dari pegawai staff BTNBS bagian Humas mengatakan menyambut baik kegiatan ini karna staf yang ikut pelatihan dapat  memiliki pemahaman teknis dalam penulisan berita, info grafis, pembuatan dan pengeditan video & photo untuk kebutuhan website BTNBS

“Saya mengharapkan adaya peningkatan kapasitas peserta yang selama ini kurang memahamai web sekarang memiliki kemampuan teknis dalam pengelolaan post dan page tulisan, visual, dan berita pada website BTNBS,”Harapnya.

Sekadar informasi kegiatan ini di ikuti tidak kurang dari 14 staf dillinkungan BTNBS  serta di akhir dari kegiatan ini di buat rencana tindak lanjut, dimana akan adanya kesepakatan peserta tentang aliran informasi/ komunikasi dalam melakukan update informasi pada website BTNBS.

 

Teks : Efriyadi