Foto: Burung Pantai Yang Bermigrasi Ke Sembilang

0
43

Belahan Bumi utara mulai memasuki musim dingin, sumber makanan terus berkurang. Saat itu jutaan burung melakukan tradisi tahunannya, terbang ke belahan Bumi selatan. Pengembaraan ini yang kita kenal dengan sebutan migrasi burung atau migratory bird.

Alasan kuat kenapa burung-burung bermigrasi adalah bukan menghindari suhu dingin semata, tetapi juga mencari makan untuk melangsungkan hidupnya. Suhu dingin mengakibatkan cadangan makanan mereka berkurang.

Salah Satu tujuan migrasi para burung dari utara adalah Semenanjung Banyuasin, Wilayah Taman Nasional Berbak Sembilang. Terdapat 80 Spesies burung dari 36 Family, 10 Spesies mamalia serta 13 spesies herpetofauna yang teridentifikasi.

Kawasan TN Berbak Sembilang terutama di wilayah SPTN II Sungsang-Sembilang merupakan wilayah singgah dari burung-burung migran. Dimana burung migran ini merupakan kelompok burung yang berkembang dan tinggal selama beberapa bulan disuatu tempat, kemudian menghabiskan waktu lainnya di suatu tempat lain yang berbeda. Dari kondisi ini perlu di lakukan kegiatan pemantauan secara reguler terhadap kondisi habitat dan populasi burung migran dan juga tidak mengabaikan keberadaan jenis kelompok burung air yang lainnya.

LEAVE A REPLY

*